MY JOURNEY - PAPADAYAN

PAPANDAYAAAAAN!!!!!!

Pertama kali nih naik gunung, pernah juga sih ke Bromo. Tapi itu masuk hitungan ga sih? - anggap ajalah ya enggak -

Awal mula nya kenapa bisa ke Papadayan, karena di ajakin sama Rena (Temen kerja) buat naik. 

Yuk tek ikutlah // gampang sih // ini buat pemula mah ga berat // Bu Iim (Temen kerja juga) aja ikutan // kuy laaah 
Nih anak ngajakinnya intense, karna gue anaknya gampang digoyah jadi pada khirnya gue tergiur untuk ikutan, jadi berangkatlah gue, Rena, Bu Iim dan teman-teman Rena yang anak gunung itu. 

Sempet ada drama juga sih buat ga jadi, karena temennya si Rena tiba-tiba ada meeting besoknya jadi ga bisa ikutan. Jadi kita lontang lantung di MCD dong. Menunggu kabar jadi atau enggak nya. Yaaah kalo pun ga jadi, agak malu aja sih, udah bilang mau pergi sama Emak ke gunung, eh pulang lagi. 


Penantian yang berharga :)
Bu Iim - Aku - Rena
Sudah sampai jam 8/9nan ada kepastian. dan JADII. 
oke. 
Kita langsung berangkatlah ke Terminal Kampung Rambutan.

Gue bertiga sampai di Kamp. Rambutan jam 11, dan pertama kali sampai sana, gue tos-tos ala ala dah. Udah serasa anak gunung banget gitu. 

Nah total kita berangkat kesana ada 8 orang termasuk sama gue. Jam 12nya  kita baru berangkat dari Kamp. Rambutan naik Tronton dan itu bareng-bareng sama kelompok anak gunung lainnya. Tarifnya Rp.100.000,00 per anak. 


 Perjalanannya agak melelahkan banget, karna macet parah. Itu sumpek-sumpekan karna kebanyakkan orang udah gitu macet. Kebayang dong itu saluran pernafasannya gimana. Udah kayak ikan kehabisan oksigen. 

Mana banyak tas numpuuuuk. Itu setiap berapa jam kaki kram, kesemutan, hadeeeh -,-




Jadinya sampai Jawa Barat itu kurang lebih siang jam 12 kira-kira, dan itu hampir 12 jam perjalanan dari Jakarta ke Jawa Barat. Padahal perkiraannya sampai jam 9nan. Karena sampenya telat, kita ketinggal mobil bak yang ke arah Pos. Nunggu lagi deh terpaksanya. Untungnya ada warung, jadi makan gorengan dulu tuh. 

Jam 1/2an dateng deh tuh mobil bak, langsung berangkat deh. Tapi sebelum ke Pos, kita minta berhenti di pasar kalau lewatin. Mau beli Beras sama Sayur, karena kita cuma bawa Mie dan Bakso doang. Setelah kelar semua baru deh kita berangkaaatttt.....



TETEP NARSIS SHAY PADAHAL MUKA UDAH HANCUR-HANCURAN

Sampai di titik pendakiaaaan, kita siap-siap. Makan, ganti baju, mandi, charger, beli aqua, ganti sepatu dll. Baru deh kita mulai perjalanan. 
Kita berdoa dulu, baru kita jalan. 

Dibawah ini tempat kita menuju pintu gerbangnya.






Terus kita mendaki gunung lewati lembah. 
Jalanannya pas awal-awal aspal, makin lama semakin bebatuan. 




Kayak foto diatas gini lah bentuk jalanannya. Kadang harus lihat-lihat juga sih jangan sampe salah pijak. 

Hampir 1jam kuranglah kita mendaki gunung, kita ketemu sama kawah belerang. Wanginya sangat semerbak, tapi karena kita capek ya, kita istirahat sedikit merenggangkan tas yang berat bagi gue tapi enteng bagi mereka  hahahahaha



Ini suasana perjalanan melewati si belerang

Ini Candid yang bagus, karna gue yang foto

Bu Iim istirahatnya elegan sekali ya
Merasa sudah siap, kitapun mendaki kembali. Kita menjauh bau-bau yang semerbak itu.
Daaaaan sampai di Pos. Istirahat lagi deh, sambil minum kopi dan makan cemilan. 
Pas udah agak kenyang kita mau berangkat....
TIBA-TIBA HUJAN DONG!!!!!!
Itu hujannya bukan gerimis lagi tapi literally deras banget. 
Which is kita nungggu lagi, sambil tidur, makan, bercanda ga jelas, bikin video, and take a selfie of course hehehehe




Karena hujannya udah agak redaan, kita berangkat lagi. 
Kayaknya dari tadi kebanyakkan berhenti aja ya. Tapi ya mau gimana cuacanya lagi tidak mendukung sist. 





Medan jalannya ga jauh-jauh dari bebatuan, tapi ini lebih ada tanah-tanahnya. 
Mungkin hampir 1-1 set jam kita sampai di tempat untuk mendirikan tendaaa.

Amaze sama diri gue sendiri, gue bisa sampe sini. 
Trullyyyy PROUD of my self. 





Sori nih ya, gue ga pernah hafal nama-nama titiknya. 
Nama Posnya, dan bla bla bla. Gue juga newbie jadi wajar ya heheheh. 

Pada lelaki-lekaki mendirikan tenda, kita perempuan cuma liatin aja. Ga paham juga kan soalnya. 

Tenda jadi, kita beres-beres. 
Disini enaknya ada warung, jadi seberna kalau ga bawa makanan juga gapapa. 
Ada yang jual Nasi Goreng, Bakso, Cilok, Indomie. 
Lebih dimanjakan sih sebenernya. 

Semakin gelap, itu dingin banget. Gue sampe menggigil gitu, tapi kan gue anak strong af  jadi GUE MANDI DONG :')
Disana enaknya ada 4 kamar mandi, tapi ga ada penerangan di sana. Jangan sampe ga bawa senter ya kesana. 
oia gue mandi karna gue merasa gerah banget, kayak cuaca dingin tapi lu keringetan. Gerah kan jadinya. 
Tadinya udah dibilangin airnya kayak es tapi yaudah gue bodo amat. 

Beneran deh itu lu mandi tapi mati rasa, gue mati rasa ada kali sampe 15 menit sangking dinginnya. Tapi ga ada yang percaya gue mandi, padahal gue beneran mandi loh. 


Sudah beres-beres kita memulai masak memasak. 
Tragedi di mulai, niatnya mau masak beras dulu biar bisa masak yang lain. Cuma punya 1 kompor soalnya. 
Dicari-cari dong itu beras gatau kemana. 
Hilang begitu saja. 
Intinya masak Mie Instan aja dong pake sayur dan bakso. 
Lumayan lah. 

Tapi mau masak Mie aja perlu perjuangan, yang masak pertama si para lelaki.
Airnya dimasak, terus ketendang. Tumpah -pertama
Dimasak lagi airnya, kesenggol lagi. Tumpah -kedua
Dari pada ke tiga tumpah lagi, Bu Iim akhirnya yang masak. kelamaan masaknya udah laper bangeeet.






Dan inilah penampakkan tempat kita memasak, terlihatkan ada yang becek-becek disana. 
Itu hasil penumpahan yang terjadi selama 2x.

Makanan kelar, kita makan, perut penuh dan ngantuk. 

Kita pun terlelap.


Dan gue sempet kebangun, karna sesak gitu. Kayak nafas gue kurang.
Gue guling sana guling sini, cari kehangatan. 
Gue pikir gue keselek apa gitu, sampai gue bangun gue duduk tegak dan minum.
Minumnya udah kayak itu botol dimasukin freezer, which is it's sooooooo cold. 
Bukannya makin enakkan gue makin kedingingan. Jadi gue cuma duduk dieeem aja. 
Itu kalo gasalah jam 3/4 subuh. 
Ada kurang lebih 15 menitan gue agak lumayan enakan. 


Jam 5 kita bangun, kita siap2 buat ke puncaaak. 
Cuma bawa 1 tas kita berangkaaat. 



Ini kurang lebih jalanannya seperti ini, becek tapi kadang nanjak kadang datar suka-suka deh. Itu juga karena becek, harus hati-hati banget karna ada yang jeblos gitu. 

Sebelum menuju puncak (kok jadi macem AFI ya?) kita melewati Hutan Mati. 
Seru sih, yang biasanya lihat dari foto-foto aja ternyata gue bisa lewatin itu semua.




Ini cuacanya seru bangeeet, adem tapi hangat-hangat matahari. 
Keren banget pas disana sih. 

Terus kita naik deh kepuncak. 
Sayangnya ga ada foto track jalanannya kayak gimana. Soalnya itu bener-bener miring lutut lu tuh sakit, dan semakin keatas jalanannya makin sempit. So, harus ganti-gantian sama yang turun juga. Lumayan jadi banyak istirahatnya. 

Yang lucunya, pas mau naik. Tiba-tiba ada suatu titik ada signal dong. 
SEMUA dari kita pada telepon orang rumah. 
Padahal itu jalanan kecil, nanjak dan banyak orang. 
Kita sampe minggir-minggir buat telepon, ada juga yang vidcall waaah terniat banget. 
Lah  gue mah cukup WA si mama beres. 

Udah pada kelar laporan, lanjoooot naik.
Sampai atas, waaah banyak banget orang. 
Sebelum subuh kayaknya udah naik, liat sunrise kayaknya. 

Kita jalan, kita tanya sama orang-orang disana tuh. 
Summit-nya dimana ya?Dan jawabannya sama Wah gatau deh // Rancu sih disini// Kesanaan lagi Mas Ada telaga kecil disana Mas, coba aja

Jalan lah kita, semakin jauh dari keramaian dong.
Setelah jalan terus ketemu yang dimaksud ada telaga, yang ternyata yaaaah bingung juga dibilang telaga, tapi telaga apa. Gue jadi sempet mikir ini telaga apa karna hujan ya?

 
Ternyata telaga beneran guys 
wkwkwkwkwkwkkwkw

Akhirnya kita stay disini, sambil makan-makan, chit-chat, foto pastinya. 
Sudah di rasa cukup, kita memutuskan turun. 

oia, numpang pamerin foto yaaa 


Ini dekat telaganya, Bunga Edelweis belum mekar



Ini tempat pertama masuk puncaknya 


Lalu kitapun turun, beresin semua barang-barang. 
Ini penampakkan tenda kami 



hehehhe sebenernya mah pamer foto aja. 
Kita beres-beres, dan karna ada warung jadi kita sarapan dulu. 


10 menit kemudian hujan deres banget, kita neduh di warung. 
Sambil makan nasi goreng, mie, sama cilok. 
Hampir ada 1 jam udah hujan tapi udah agak sedikit redaan, kita memutuskan untuk turun. 
Kita pakai jas hujan. Agak ribet sih sebernernya, licin juga jalanan. Musti lebih hati-hati lagi. 
Track turunnya beda sama track naik, bisa sih sebenernya ikutin yang pas naik. 
Pas hujan, takut licin jadi kata bapak-bapak warung mendingnya track yang satunya lagi. Sedikit curam tetapi batuan ga ada tanah sama sekali, jadi lebih aman. 

Kita pun ikutin arahan si bapak warung. Lalu kita turuuun. 


Hujannya baru reda, bener-bener sampai bawah. 

Lalu sampai bawah kita, mandi dan beres-beres lagi. 
Gue sih nekat mandi dengan keramas ya. 
Diingatkan kembali, disini airnya macem air es beku. 

Setelah itu kita nunggu mobil bak buat pulang deeeh. 

SELESAAAAIIII.


Itu kisah aku pertama kali naik gunung.
Seru abis sih,bisa dapet kenalan. 
Jadi paham kenapa orang sampai suka banget berkali-kali naik gunung. 
Dulu mikirnya, aduh capek banget ga akan kuat. Toh cuma liat pemandangan. Kayak mendingan jalan-jalan ke pantai aja. 
Tapi setelah di alamin naik gunung sendiri. 
WAAAAH paid of sih, kalo udah sampai atas. 

Semoga bisa naik lagi. 
Tungguin cerita naik gunung ya 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar